“PESAN UNTUK PAK MENTERI”

Andi Fajar Asti (Ketua Umum HMPI)

ACCnews, Jakarta (26/09/2017), Pemecatan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menuai polemik. Betapa tidak, dibalik prestasi kepemimpinan Prof. Djaali selaku rektor UNJ berbagai isu negatif juga menyerang. Mulai dari isu Plagiat yang di lakukan oleh oknum mahasiswa sampai isu KKN pengangkatan dosen UNJ.

Menurut hemat kami selaku mahasiswa pascasarjana UNJ adalah bahwa perlu mendudukkan persoalan ini dengan pihak UNJ sebelum terjadi citra buruk yang begitu mendalam di mata masyarakat tentang UNJ. Bahwa persoalan plagiat yang sesungguhnya di lakukan oleh mahasiswa adalah kejahatan akademik yang perlu di lawan bersama. Termasuk kalangan dosen dan birokrat kampus pasti tidak setuju perbuatan (plagiat) tersebut.

Tapi apakah harus mengorbankan Rektor sebagai pucuk dan simbol universitas. Bukankah kejahatan itu sesungguhnya adalah tanggung jawab seorang mahasiswa (oknum/pelaku) atau alumnus (penerima gelar akadekik). Sebagaimana surat pernyataan keaslian (tidak plagiat) yang harus dibuat oleh setiap mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir (Skripsi, tesis dan disertasi).

Semestinya menteri harus bijak dan tidak asal “pukul” bahwa yang harus menanggung perbuatan plagiat adalah oknumnya (mahasiswa) dan menteri melalui rektor bisa memberikan sanksi baik  berupa pencabutan gelar akademik atau pidana kejahatan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*