Babi Hutan , Petani Gagal

Bone ,Berkembangnya hewan yang meresahkan tanaman para petani didaerah bugis sulawesi,  babi hutan di Kabupaten Bone khususnya di Kec.Tellusiattinge berdampak  gagalnya panen para petani.

Wilayah tellu siattinge sebagian besar warganya adalah petani jagung, 01 Oktober 2017, warga melaksanakan perburuan babi akbar yang dilaksanakan oleh desa Ulo_Ulo dan mengundang para petani se_Kec.Tellu siattinge.

 

Andi Seddi yang selaku pegawai Kec.Tellu siattinge mengaku bahwa pentingnya dilakukan perburuan babi dikarenakan babi salah satu penyebab gagal panen sehingga babi dianggap hama oleh para petani. selanjutnya Toib selaku petani salapanrenge dan koordinator petani mengatakan “kegagalan panen yang di akibatkan oleh babi sehingga petani sering mengalami kerugian yang besar.

 

Perburuan babi ini disebut dalam istilah bugis “maddengeng” yakni salah satu tradisi atau budaya masyarakat tellu siattinge yang masih dipertahankan sampai saat ini.

 

Pertahankan setiap kegiatan yang memberikan manfaat kepada masyarakat dan berikan solusi terbaik jika ada sesuatu hal yang meresahkan masyarakat , tutur Herding, putra daerah Kec.Tellu Siattinge Mahasiswa Magister Ilmu Politik Islam Jakarta.

 

 

Penulis  : Muh. Ahmad

Editor   : Igo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*