DIDIKLAH ANAKMU MENUJU SURGA..!

 

ACCnews-Ilkiya berkata: Kita harus mengajari anak-anak dan keluarga kita dalam hal agama dan kebaikan, dan apa yang tidak dapat mereka lakukan tanpa aturan. Inilah yang dimaksud dalam firman Allah, Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.

Mendidik anak adalah tugas orang tua. Allah telah memerintahkannya dalam Quran, dan Rasul-Nya juga demikian.

Allah berfirman: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At-Tahrim:6)

Imam At-Tabari berkata,

Di sini Allah berfirman: Hai orang-orang yang beriman kepada ALlah dan Rasul-Nya, peliharalah dirimu dengan saling mengajarkan apa-apa yang akan menjaga siapapun yang melakukannya dari api neraka, jika hal itu dilakukan dalam rangka ketaatan kepada ALlah, dan mereka pun melakukannya dalam rangka ketaatan kepada ALlah. Frase dan keluargamu dari api neraka berarti, mengajari keluargamu untuk melakukan ketaatan kepada ALlah, sehingga dapat menjaga mereka dari api neraka. (Tafsir At-Tabari, 18/165) Al-Qurtubi berkata,

Muqaatil berkata: Ini adalah tugas/perintah dimana setiap manusia memiliki kewajiban terhadap dirinya sendiri, anak-anaknya, keluarganya, dan budak laki-laki dan perempuannya. Ilkiya berkata: Kita harus mengajari anak-anak dan keluarga kita dalam hal agama dan kebaikan, dan apa yang tidak dapat mereka lakukan tanpa aturan. Inilah yang dimaksud dalam firman Allah, Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. (Thoha:132)

Dan ALlah berfirman kepada Rasul-nya: Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat, (Asy-Syu’ara: 214) Rasul pun bersabda, Dan perintahkanlah mereka untuk sholat saat berusia 7 tahun(Tafsir Al-Qurtubi, 18/19)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*