Jangan abaikan Tidur, ini manfaatnya;

ACCnews, Artikel-Tidur adalah suatu keadaan relatif tanpa sadar yang penuh ketenangan tanpa kegiatan yang merupakan urutan siklus yang berulang-ulang dan masing-masing menyatakan fase kegiatan otak dan badaniah yang berbeda (Tarwoto, 2006).

tidur merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh semua orang. Untuk dapat berfungsi secara optimal, maka setiap orang memerlukan istirahat dan tidur yang cukup. Tidak terkecuali juga pada orang yang sedang menderita sakit, mereka juga memerlukan istirahat dan tidur yang memadai. Namun dalam keadaan sakit, pola tidur seseorang biasanya terganggu, sehingga perawat perlu berupaya untuk mencukupi ataupun memenuhi kebutuhan tidur tersebut.

Aktivitas tidur diatur dan dikontrol oleh dua system pada batang otak, yaitu Reticular Activating System (RAS) dan Bulbar Synchronizing Region (BSR). RAS di bagian atas batang otak diyakini memiliki sel-sel khusus yang dapat mempertahankan kewaspadaan dan kesadaran; memberi stimulus visual, pendengaran,  nyeri, dan sensori raba; serta emosi dan proses berfikir. Padasaat sadar, RAS melepaskan katekolamin, sedangkan pada saat tidur terjadi pelepasan serum serotonin dari BSR .

Saat bangun RAS mengeluarkan katekolamin seperti norepineprin. Ketika seseorang mencoba  tidur, mereka akan menutupkan mata dan berada dalam posisi relaks. Stimulus ke RAS  menurun. Jika ruangan gelap dan tenang, maka aktifitas SAR menurun. Pada beberapa bagian , SBR mengambil alih dan menyebabkan.

Secara umum tidur ditandai dengan aktivitas fisik minimal, tingkatan kesadaran yang bervariasi, perubahan-perubahan proses fisiologis tubuh dan penurunan respon terhadap rangsangan dari luar. Secara detail tanda-tanda tidur ini akan dibahas pada macam / pola tidur.

Fungsi istirahat tidur

Regenerasi sel-sel tubuh yang rusak menjadi baru.Menambah konsentrasi dan kemampuan fisik.Memperlancar produksi hormon pertumbuhan tubuh.Memelihara fungsi jantung.Mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas seharian.Menyimpan energi.Meningkatkan kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit.Menambah konsentrasi dan kemampuan fisik. (ABK/QR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*